Ngambil S3

degrees-diploma_600x315 copy

Sekali-sekali posting curhatan ah, kayak postingannya mbak Innnayah, Nikah atau S2.
Bukan sih, bukan mau milih.
Dulu, alasan menempuh S2 karena saya mengajar sebagai dosen.
Waktu itu belum ada keharusan untuk menjadi dosen wajib S2 terlebih dahulu.
Bahkan yang berminat jadi dosen pun ga ada.
Rata-rata lebih suka mroyek atau kerja di konsultan.

Baca lebih lanjut

Membuat Yogurt Sendiri

Yogurt atau yoghurt adalah produk susu yang telah difermentasikan dengan tambahan bakteri tertentu.
Karena rasanya asam, banyak yang keliru, bahwa yogurt adalah susu asam atau susu rusak yang tak layak konsumsi.
Padahal yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sama halnya dengan produk susu lainnya.
Susu yang bisa dibuat untuk yogurt selain susu sapi, bisa susu kambing, susu kerbau, atau susu kedelai.
Di negara tertentu, susu onta juga bisa dimanfaatkan dibuat yogurt.

Baca lebih lanjut

Berselancar Menembus Batas Berkat Modem

kopisusu

Kejadiannya sudah lama banget, sampai lupa tahun berapa.
Mungkin duapuluh tahun yang lalu.
Waduh, ketahuan umur, nih, saya.
Ceritanya, saya menghadiri seminar internet di gedung Telkom jalan Surapati, Bandung.
Sponsornya sebuah provider, Global apa gitu.
Kalau tidak salah provider pertama di Bandung.
Saya memang tertarik yang namanya internet. Apalagi waktu itu masih baru banget.

Baca lebih lanjut

Rupa Dasar

Matakuliah Rupa Dasar mengajarkan penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang, dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Rupa Dasar di beberapa perguruan tinggi, matakuliah ini bernama Nirmana, terbentuk dari dua kata yaitu nir yang artinya tidak dan mana artinya makna. Jika digabungkan artinya tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Tujuan utama dari matakuliah ini adalah membentuk dari elemen-elemen visual yang yang semula tidak mempunyai makna misalnya lambang-lambang berbentuk segiempat, segitiga, lingkaran dan lain-lain. Kemudian diramu dengan komposisi warna, irama, dan tekstur sehingga membentuk makna tertentu. Atau ada juga yang memberi nama matakuliah ini sebagai Estetika Bentuk.

Agar pembelajaran matakuliah Rupa Dasar ini lebih tepat sasaran, umumnya mengelompokkannya menjadi dua materi bahasan, yaitu pertama Dwimatra atau dua dimensi yaitu mengolahnya hanya pada bidang datar saja.

Kemudian yang kedua, Trimatra atau tiga dimensi, yaitu mengolahnya pada ruang yang mempunyai volume.

Baca lebih lanjut

Strategi Belajar di Perguruan Tinggi

cover fsrdSahabat muda yang masih duduk di bangku SMA, apa yang kalian bayangkan bila kalian kuliah nanti? Mungkin kalian memperhatikan kakak di rumah, saudara atau tetangga depan rumah. Berangkat kuliah kadang pagi, kadang sore, kadang di rumah seharian. Berbeda dengan kalian yang harus berangkat tiap pagi ke sekolah, ada yang selama enam hari dalam seminggu, atau lima hari dalam seminggu. Apapun itu, kalian harus berangkat ke sekolah tiap hari bukan? Sepertinya enak menjadi mahasiswa yang tidak perlu ke sekolah tiap hari, bisa pulang malam, dan utamanya lagi tidak perlu pakai seragam SMA.

 

Baca lebih lanjut

Antara Perencanaan dan Perancangan

Perencanan dan perancangan.
Sepintas kedua kata tersebut mirip, sama-sama terdiri dari 11 huruf.
Awal kata sama-sama ada p-e dan r. Di tengah ada n-c-a dan n.
Di akhir ada a dan n.
Klop deh.
Istilah awam, keslimur.
Mungkin hanya orang-orang teliti seperti +Salmon Martana yang memperhatikan perbedaan tersebut.
Ketika Salmon khusus inbox ke FB saya tentang kekeliruan tersebut, saya baru tersadar.

“Bu Tri,…. judul yang tercetak di cover salah. Bukan Perancangan Wilayah dan Kota tapi Perencanaan Wilayah dan Kota….”

Baca lebih lanjut